Perilaku Kontroversial Para Musisi: Kontroversi Tak Hanya Milik Lady GaGa


KapanLagi.com

Pro dan kontra gelaran konser Lady GaGa di Indonesia masih terus berlanjut. Banyak pihak masih menginginkan konser tersebut tetap dilaksanakan, di sisi lain ancaman pemboikotan terus ditegaskan oleh Front Pembela Islam (FPI). Masalah makin meruncing ketika pihak kepolisian tidak merekomendasikan konser yang rencananya bakal digelar 3 Juni ini tetap digelar.

FPI beranggapan Lady GaGa adalah sosok kontroversial yang kerap tampil vulgar di tiap aksinya. Selain itu, GaGa dianggap sebagai penyebar ajaran setan.

Jika dilihat jauh ke belakang, sebenarnya musik dan kontroversi adalah 2 hal yang sulit dipisahkan. Entah di sengaja atau tidak, sejumlah musisi terangkat pamornya akibat kontroversi dan sensasi. Apa saja perilaku kontroversial para musisi? KapanLagi.com® telah mengumpulkan beberapa fakta khusus untuk Anda.

1. Sebuah band pengusung aliran black metal asal Norwegia, Taake, dihujat habis-habisan setelah menciptakan lagu-lagu berlirik kontroversial dan frontal di albumnya yang berjudul NOREGS VAAPEN. Dalam album tersebut, Taake mengusung lagu-lagu yang bertema anti Islam. Masalah makin meruncing ketika album tersebut justru dinominasikan sebagai Best Metal Album di Norwegia. Dalam Sebuah lagu berjudul Orkan (badai), Taake secara terang-terangan menghujat umat Islam. Til Helvete med Muhammed og Muhammedanerne atau diartikan sebagai Persetan dengan Muhammad dan pengikutnya.

2. Bila FPI keberatan dengan penampilan vulgar Lady GaGa yang konon hanya mengenakan celana dalam dan bra di atas panggung, maka mereka dipastikan akan lebih tercengang kala mengetahui aksi panggung Courtney Love di Brazil. Tidak sekedar tampil seksi, istri Kurt Cobain ini malah membuka seluruh pakaian atasnya hingga menampilkan payudaranya di hadapan ribuan penonton.

3. Aksi panggung unik sekaligus brutal beberapa kali dilakukan oleh Ozzy Ousbourne. Salah satu yang tak pernah dilupakan adalah saat ia menggigit kepala kelelawar hidup-hidup. Aksinya tersebut membuatnya dijuluki sebagai The Only One Who Can Beat Batman.

4. Siapa yang tidak kenal dengan nama besar Sex Pistols? Salah satu band punk paling legendaris tersebut ternyata memiliki cerita sedih nan kontroversial. Sid Vicious, bassist sekaligus personel paling populer band asal Inggris ini kabarnya justru tidak bisa bermain bass. Bahkan Sid hanya merekam 1 lagu berjudul Bodies untuk album NEVER MIND THE BULLOCKS. Parahnya, sound bass Sid kabarnya sengaja dimatikan ketika konser demi menjaga kualitas konser Sex Pistols.

5. Ulah kontroversial juga sangat melekat pada diri diva internasional, Rihanna. Dalam video klipnya yang berjudul Man Down, Rihanna dikritik pedas oleh yayasan orang tua pemirsa televisi. Penyebabnya, ia menampilkan adegan dirinya sedang diperkosa dan berujung pada pembunuhan pria yang memperkosanya.

6. Bila ada penghargaan untuk pencipta lirik lagu paling kontroversial, nama Eminem mungkin akan ada di barisan depan. Sejumlah lirik lagu yang kasar sekaligus vulgar kerap ia lontarkan di lagu-lagunya. Salah satu yang paling tak bisa dilupakan adalah ketika ia mengejek Mariah Carey, orang yang dikabarkan pernah dekat dengannya, lewat lagu Bagpipes from Baghdad. Di lagu tersebut, ia terang-terangan mempertanyakan hubungan mereka berdua. Selain itu ia juga mengejek pernikahan Mariah dan Nick Cannon yang usianya jauh lebih muda. Perang lirik pun berlanjut, Mariah membalasnya lewat lagu Obsessed. Mariah menggambarkan seorang rapper yang sangat terobsesi padanya.

7. Aksi kontroversial juga sangat melekat pada diri The Queen Of Pop, Madonna. Pada 1990-an, Madonna membuat heboh dunia musik internasional dengan aksi-aksi kontroversialnya di atas panggung. Kala itu ia dikecam karena penampilannya pada lagu Like a Virgin yang menampilkan dua penari pria yang mencumbu dirinya sebelum ia memperagakan adegan masturbasi.

8. Pemilik album ANTICHRIST SUPERSTAR, Marylin Manson jelas tidak dapat ditinggalkan dalam daftar musisi paling kontroversial. Selain sering tampil dengan dandanan yang menyeramkan, Manson juga dikenal sebagai musisi yang memiliki pengaruh negatif di masyarakat. Ia dituduh sebagai pemicu kasus pembunuhan yang terjadi di Amerika Serikat karena lirik lagunya yang dianggap mampu membentuk karakter orang untuk berbuat kejahatan.

9. Tahun 1998 silam, Alanis Morissette membuat heboh dunia musik internasional lewat video klipnya yang berjudul Thank You, Di video tersebut, Morissette tampil tanpa mengenakan selembar kain pun. Ia hanya menggunakan rambut panjangnya untuk menutupi payudaranya dan memainkan efek blur untuk memburamkan alat kelaminnya. Pada video tersebut, Morissette tampak berjalan-jalan di depan umum termasuk di supermarket, kereta bawah tanah dan beberapa tempat lain.

10. Sebuah pernyataan kontroversial juga pernah diucapkan oleh pentolan The Beatles, John Lennon. Pada sebuah interview dengan London Evening Standard, Lennon menyebutkan bahwa The Beatles lebih terkenal dari Yesus. “Ajaran Kristen akan musnah. Aku tak tahu mana yang akan musnah lebih dulu, rock n roll atau ajaran Kristen. Tapi yang jelas kami lebih terkenal dibanding Yesus,” ujarnya kala itu.

Well, musik memang sulit dilepaskan dari hal yang berbau kontroversi. Tiap musisi punya gaya tersendiri dalam menawarkan karyanya, termasuk Lady GaGa. So, tergantung kita yang memilah sisi baik dan buruk dari sang idola. Kalau mereka juga berencana manggung di Indonesia, kira-kira akan bernasib sama seperti GaGa nggak ya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: