10 Album dan Lagu Natal Teratas 2011

CreativeDisc

Musik yang bertemakan Natal bukanlah konsumsi umat yang merayakan hari raya itu saja. Karena sebenarnya baik lagu rohani dan lagu-lagu pop yang bertemakan Natal juga bisa menjadi bahan dengar umat yang beragama lain. Tahun ini, ada beragam rilisan musik yang bertemakan Natal yang sanggup menyemarakkan perayaan hari kelahiran Jesus Christ. Inilah rekomendasi 10 Album Natal 2011 dari CreativeDisc:1. Christmas – Michael Buble
Rilis: 21 Oktober 2011
Label: 143, Reprise, Warner Music
Untuk produk Natal, ini adalah rilisan kedua oleh Michael Buble. Karena di tahun 2003 lalu dirinya sempat mengeluarkan koleksi lagu-lagu Natal dalam album mini “Let It Snow”. Dan di album “Christmas” ini, dirinya punya 15 buah track yang merupakan lagu-lagu Natal klasik dan populer, serta satu buah lagu original, ‘Cold December Night’ yang ditulis oleh Buble bersama Alan Chang dan Bob Rock. Album yang menampilkan kolaborasi Buble bersama Shania Twain, Thalia, dan The Puppini Sisters ini juga telah dinobatkan sebagai album terlaris kedua tahun 2011 di Amerika Serikat.

2. Under The Mistletoe – Justin Bieber
Rilis: 1 November 2011
Label: island, Universal Music
Saat merilis single andalan dari album ini, ‘Mistletoe’ di 17 Oktober 2011, Justin Bieber menyengaja untuk mempercepat kedatangan Christmas dengan hal tersebut. Dan tidak hanya memberi kegembiraan bagi para penggemarnya saja, tapi lewat “Under The Mistletoe” Bieber juga memberikan perhatian kepada mereka yang kurang beruntung. Caranya adalah dengan menyisihkan sebagian dari hasil penjualan album ini untuk disumbangkan ke yayasan amal. Banjir kolaborasi Bieber di album ini, ada Usher, Boyz II Men, Mariah Carey, Busta Rhymes, dan juga The Band Perry. Sejauh ini, sudah ada 4 buah video musik yang dibuat untuk lagu-lagu di dalamnya, ‘Mistletoe’, ‘Santa Claus Is Coming To Town’, ‘All I Want For Christmas Is You (SuperFestive!)’, dan juga ‘Fa La La’.

3. Heavenly Christmas – Jackie Evancho
Rilis: 1 November 2011
Label: Columbia/Syco/Sony Music Entertainment
Layaknya Buble, ini adalah produk Natal kedua oleh Jackie Evancho. Tahun lalu dirinya merilis EP “O Holy Night” yang menjadi salah satu album terlaris di Amerika Serikat, dan tahun ini dirinya punya 10 lagu Natal dalam album “Heavenly Christmas”. Persis judulnya, lagu-lagu di album ini terdengar heavenly. Angelic voice Jackie yang matang membuat segalanya begitu indah. Jackie yang baru berusia 11 tahun ini telah memukau David Foster lewat talent search-nya, juga publik Amerika saat mengikuti America’s Got Talent. Sekarang giliran dunia yang ditakjubkan dengan album yang dihasilkannya.

4. Glee: The Music, The Christmas Album, Volume 2 – Glee Cast
Rilis: 11 November 2011
Label: Columbia, Sony Music
Lagu-lagu dalam “Glee: The Music, The Christmas Album, Volume 2″ oleh Glee Cast ini adalah lagu-lagu yang mereka nyanyikan dalam episode Natal di Season 3 “Extraordinary Merry Christmas”, berikut beberapa lagu Natal lainnya yang tidak sempat ditampilkan di serialnya. Selain para pemain, Adam Anders dan Ryan Murphy selaku soundtrack producer juga melibatkan para pemain The Glee Project untuk sumbang suara di album ini. Baik mereka yang sudah pernah tampil; Lindsay Pearce dan Damian McGinty, juga mereka yang akan tampil di Season 3 ini; Alex Newell dan Samuel Larsen. 12 lagu di dalamnya adalah campuran dari berbagai aspek emosional; fun, spiritual, klasik, romantis, dan lainnya.

5. Christmas Favorites – Il Volo
Rilis: 21 November 2011
Label: Geffen, Universal Music
Di pertengahan tahun 2011 ini, saat album Il Volo dirilis secara internasional, publik menyambut baik kehadiran trio remaja asal Italia ini. Sebagai rasa syukur, di akhir tahun ini mereka mengumpulkan 6 buah lagu Natal untuk dinyanyikan dalam album mini “Christmas Favorites”. 6 lagu tersebut dibuat ke dalam 5 buah track; track pertama adalah ‘Silent Night’ dan versi bahsa Jermannya ‘Stille Nacht’ sebagai track penututp, ‘Panis Angelicus’, ‘Christmas Medley’ yang terdiri dari 3 buah lagu ‘Jingle Bell Rock’, ‘Let It Snow’, dan ‘It’s The Most Wonderful Time Of The Year’, dan terakhir sebuah kolaborasi bersama Pia Toscano ‘The Christmas Song’.

6. Christmas In Diverse City – Toby Mac
Rilis: 4 Oktober 2011
Label: ForeFront, Warner Music
Christian Hip-Hop Artist memberikan koleksi Natalnya tahun ini yang di dalamnya terdapat 13 buah track. 6 di antaranya adalah lagu Toby mac dan band Diverse City, sedangkan yang lainnya adalah lagu artis lain, seperti SuperHErose, DJ Maj, Arch Nemesiz, Tim Rosenai, Nirva Ready, Toddiefunk, dan Byron Chambers. Aneka rasa album ini juga menampilkan artis-artis populer seperti Leigh Nash, mantan vokalis Sixpence None The Richer, juga Owl City. Album kelima Toby ini adalah album Natal pertamanya.

7. A Holiday Carole – Carole King
Rilis: 1 November 2011
Label: Hear Music/Concord Music Group
Eksisnya Carole King dalam 2 tahun belakangan ini adalah proyek musiknya bersama James Taylor; album dan tur, juga menyajikan musiknya untuk tayangan American Idol Season 10. Kemudian mendekati penghujung tahun 2011, Carole menghadirkan sebuah album Natal berjudul “A Holiday Carole” yang ebrisi 12 buah track. Dalam proses pengerjaan album ini, Carole bekerja sama dengan putrinya, Luoise Goffin yang juga seorang penyanyi, penulis lagu, dan produser.

8. Ultimate Christmas – Dave Koz
Rilis: 18 Oktober 2011
Label: Capitol, Warner Music
Dalam “Ultimate Christmas”, Dave Koz menyajikan 18 buah track dalam rancangannya yang apik. Karya-karya klasik ditampilkan dengan gaya jazzy lewat permainan saxophone-nya. Karena Dave menyediakan musik, maka penyemarak suasana dilibatkanlah sejumlah artis dan musisi untuk variasi sound. Peter White, David Benoit, Rick Braun, Brenda Rusell, Kelly Sweet, Brian Culbertson, dan Kimberley Locke. Album ini merupakan pilihan tepat sebagai sajian musik keluarga di hari bahagia.

9. A Jolly Christmas – Frank Sinatra
Rilis: 24 Oktober 2011
Label: Capitol, Warner Music
Sebenarnya, “A Jolly Christmas From Frank Sinatra” adalah album Natal sang legenda jazz yang pertama kali dirilis pada tahun 1957, dan di tahun ini adalah versi remastered terhadap album tersebut. isinya adalah 15 buah lagu asyik yang dimulai dari ‘Jingle Bells’ dan ditutup dengan ‘Christmas Seals PSA’. Aransemen orkestra untuk album ini disajikan oleh Ralph Brewster Singers dan Gordon Jenkins. isi dari album ini adalah track-track berdurasi singkat yang anti-boring.

10.A Very Gaga Holiday – Lady Gaga
Rilis: 22 November 2011
Label: Streamline, Interscope, Kon Live
Sejak kemunculannya, kita enggak pernah bisa lepas dari dominasi Lady Gaga. Tahun ini saja, dirinya hadir di chart musik, festival musik, berbagai acara televisi (termasuk American Idol), juga tayangan TV khusus untuk hari raya Thanksgiving, dan sekarang Gaga juga sudah ada di Hari Raya Natal. “A Very Gaga Holiday” merupakan album digital yang diperjualbelikan lewat iTunes, berisi 4 buah track, termasuk 2 hits terakhir Gaga; ‘You And I’ dan ‘The Edge Of Glory’. Lagu Natalnya adalah ‘White Christmas’ yang sempat nangkring di UK Singles Chart.

Sekarang giliran 10 single pilihan CreativeDisc untuk Natal tahun ini:

1. I’ll Be Home For Christmas – Kelly Clarkson
‘I’ll Be Home For Christmas’ bukanlah rekaman Natal Kelly pertama. Karena untuk album “American Idol: Great Holiday Classics” di tahun 2003 lalu dirinya menyanyikan 2 buah lagu; ‘O Holy Night’ dan ‘My Grown Up Christmas List’. Tahun ini, setelah merilis album kelima “Stronger” dan album mini “The Smoakstack Sessions” sekaligus, Kelly juga merilis koleksi 8 buah lagu dalam “iTunes Session – EP” di 23 Desember di Australia menyusul 27 Desember di Amerika Serikat dan Inggris. Single Natal oleh Kelly Clarkson yang dirilis pada awal Desember ini berhasil menembus chart Billboard Hot 100 di posisi 93 dengan bermodalkan penjualan digital dari iTunes.

2. The Christmas Song – Il Volo feat. Pia Toscano
Dalam 5 track album Natal mini “Christmas Favorites” milik Il Volo, terselip sebuah kolaborasi dengan finalis American Idol Season 10, Pia Toscano. Duet mereka dalam ‘The Christmas Song’ adalah rekomendasi terbaik dalam album tersebut, yang membawa kita pada vibe Il Divo dan Celine Dion. Dengarkan gaya bernyanyi Pia yang serupa dengan gaya Celine di lagu yang sama. Melodius, khidmat, dan membawa kita pada sambutan Natal nan indah.

4. Believe – Jackie Evancho
Jackie Evancho loves to sing Christmas songs. Belum puas dengan EP “O Holy Night” tahun lalu, dirinya menyanyikan lebih banyak lagi lagu Natal di album “Heavenly Christmas” yang rilis tahun ini. Total 10 buah lagu di album tersebut, termasuk ‘Believe’ yang menjadi rekomendasi terbaik kami. Ini merupakan lagu yang dinyanyikan oleh Josh Groban untuk soundtrack film “The Polar Express” dan diunggulkan dalam Academy Awards ke-77 di kategori Best Song Written for a Motion Picture, Television or Other Visual Media untuk Glen Ballard dan Alan Silvestri sebagai penulisnya. Versi Jackie tak kalah indah jika dibandingkan dengan versi Josh.

5. White Christmas – Michael Buble duet with Shania Twain
Tak hanya menjadi album Natal terbaik tahun ini, tapi “Christmas” oleh Michael Buble pun mengincar posisi sebagai salah satu album terlaris tahun ini. “Christmas” tidak hanya koleksi lagu-lagu Natal yang jazzy, tapi juga membuka kesempata kolaborasi Buble dengan artis-artis seperti Thalia dan The Puppini Sisters, juga Shania Twain yang ebrduet di lagu ‘White Christmas’. Aransemen yang mereka bawakan adalah gaya The Drifters. Keistimewaan lagu ini terletak pada perpaduan gaya jazz dan country di kedua vokalisnya, sehingga sangat direkomendasikan dari album “Christmas”.

6. All I Want For Christmas Is You (Superfestive!) – Justin Bieber duet with Mariah Carey
Christmas comes early saat Justin Bieber merilis ‘Mistletoe’ di pertengahan Oktober. Kemudian album “Under The Mistletoe” pun dirilis di awal November dengan semangat berbagi oleh Bieber. Banyak yang bilang album ini terlalu nge-pop dan kurang mencirikan makna Natal yang sebenarnya. Tapi asal semua yang mendengar bisa terhibur, disana justru muncul semangat hari raya. ‘All I Want For Christmas’ yang ditulis oleh Mariah Carey dan Walter Afanasieff mendapatkan sekuel SuperFestive! dalam duet Bieber dan Mariah. Sure the Christmas felt bright while listening to this song.

7. The Cowboys’ Christmas Ball – The Killers
Saat The Killers merilis ‘A Great Big Sled’ tahun 2006 yang lalu, mereka kemudian punya tradisi untuk merilis single Natal di tahun-tahun berikutnya. ‘Don’t Shoot Me Santa’ di tahun 2007, ‘Joseph, Better You Than Me’ di tahun 2008, ‘¡Happy Birthday Guadalupe!’ di tahun 2009, dan ‘Boots’ di tahun 2010. Giliran tahun ini single-nya adalah ‘The Cowboys’ Christmas Ball’, sebuah lagu semangat yang mengingatkan kita betapa serunya libur menjelang akhir tahun. Mereka kemudian mengumpulkan lagu-lagu yang dirilis dari tahun 2006 tadi menjadi sebuah koleksi “(RED) Christmas EP” pada 30 November 2011 yang lalu.

8. Baby, It’s Cold Outside – Haley Reinhart and Casey Abrams
Ciri jazz dan blues yang dimiliki oleh Haley Reinhart dan Casey Abrams membuat mereka bisa begitu kompak sebagai performer. ‘Baby, It’s Cold Outside’ adalah duet kedua mereka setelah ‘I Feel The Earth Move’ yang dibawakan saat berkompetisi di American Idol tahun ini. Keserasian mereka secara alami terbentuk di lagu ini. Sayangnya pasangan Reinhart dan Abrams belum memperoleh popularitas seperti pasangan country Scotty McCreery dan Lauren Alaina yang berasa dari season yang sama.

9. Love Is Christmas – Sara Bareilles
Silahkan berekspektasi saat Sara Bareilles merilis sebuah lagu Natal maka akan terdengar seperti apa. Sendu dan syahdu, sebagaimana artis asal Eureka, California ini membuat citranya. ‘Love Is Christmas’ adalah sebuah lagu balada yang menyatakan bahwa hal utama yang dibutuhkan dalam hidup adalah CINTA, dan cinta juga berarti NATAL. Single ini dirilis oleh Sara pada 21 November yang lalu sebagai tambahan koleksi lagu bertema Natal untuk kita.

10. Christmas Without You – OneRepublic
Dan lagu penutup dalam daftar Charistmas Song kita adalah ‘Christmas Without You’ oleh OneRepublic. Single ini dirilis pada waktu yang sama dengan single-nya Sara. Mereka membuat lagu putus cinta yang menyedihkan dengan melibatkan beberapa hari raya di dalamnya, termasuk Natal. Dan jadinya, kita bisa ikutan mewek sembari mendengarkan alunan musiknya dan nyanyian Ryan Tedder. Katanya, mereka ingin lagu Natal ini dikenang sepanjang masa, seperti lagu-lagunya Bing Crosby atau Frank Sinatra.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

One Trackback to “10 Album dan Lagu Natal Teratas 2011”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: